Wednesday, November 9, 2011

Yahoo!, Microsoft, AOL Bersatu untuk saingi Google

Perusahaan portal dunia maya Yahoo!, Microsoft, dan AOL mengumumkan sebuah kesepakatan iklan untuk menghadapi perusahaan raksasa Google. Perjanjian tersebut membuat ketiga perusahaan berbagi penghasilan iklan Internet untuk setiap klien.
"Kerja sama ini bisa meningkatkan permintaan iklan untuk masing-masing perusahaan serta menambah nilainya. Selain itu, akan menawarkan kesempatan untuk membuat pengiklan dan penerbit membuat keuntungan yang lebih besar," ujar pernyataan bersama Yahoo!, Microsoft, dan AOL.

Menurut data dari Market Investigation Company, eMarketer, pangsa pasar iklan Google meningkat tahun ini, tapi pangsa pasar iklan Yahoo!, Microsoft, dan AOL menurun. Sebagian besar pendapatan Google berasal dari iklan terkait pencarian Internet.

Yahoo!, Microsoft, dan AOL berharap kesepakatan itu dapat meningkatkan prosedur untuk penjualan dan pembelian iklan Internet. "Ini dapat mengurangi gesekan di antara kami di pasar dan memberi keuntungan pada pengiklan dan penerbit," kata Ned Brody, CRO AOL.

Menurut data eMarketer, pangsa pasar Yahoo di periklanan Internet AS menurun dari 14,4 persen tahun lalu menjadi 13,1 persen tahun ini. Microsoft turun dari 5,1 persen menjadi 4,9 persen. Pangsa pasar AOL diperkirakan menurun dari 4,8 persen tahun lalu menjadi 4,2 persen tahun ini.

eMarketer menunjukkan bahwa pangsa pasar Google naik dari 8,6 persen pada tahun lalu menjadi 9,3 persen tahun ini.


source : Tempo
Well, dunia bisnis. Google mesin pencari terbesar mendapat saingan yang besar juga dari rival-rivalnya. Sampai Yahoo, Microsoft dan AOL bersatu. Tapi apakah dengan bersatunya ketiga perusahaan yang juga besar ini dapat mengalahkan Google? Cara apa saja yang akan dipakai dan bagaimana hasilnya?
Sepertinya kita masih perlu menunggu dengan kejuta-kejutan yang nantinya akan ditunjukkan oleh mereka :)

No comments: