Tuesday, November 22, 2011

Chromebook Turun Harga!!

Sebelumnya Google telah mengeluarkan tabletnya : Chromebook waktu bulan Mei 2011 dan harganya adalah $329.

Sebenarnya Chromebook ini dapat digunakan untuk menyederhanakan komputasi, mengubah gaya hidup orang yang bergantung pada komputer tradisional. Belum lagi untuk penyimpanan datanya, chromebook menyimpan data di web maka tidak salah lagi kalau chromebook mengharusan kita memikili koneksi internet. Mungkin ini yang menjadi masalah utamanya, karena kita harus selalu terkoneksi dengan internet.

Chromebook yang diproduksi oleh beragam perusahaan seperti Acer, Samsung, dan Verizon kemudian memiliki harga yang berbeda-beda tergantung perusahaan yang memproduksinya. Kini, semua perusahaan tersebut menurunkan harga jual.

Samsung menurunkan harga Chromebook seri 5 dari 429 dolar AS menjadi 349 dolar AS. Acer memotong harga Chromebook dengan model AC700 versi Wi-Fi dari 349 dollar AS menjadi 299 dollar AS. Model Verizon broadband 3G dijual seharga 300 dolar AS, turun dari 449 dolar AS.

Penurunan harga tersebut disinyalir karena tidak lakunya Chromebook di pasaran dan membuat produk ini nyaris tak bergerak dari rak toko. Roger Kay, presiden perusahaan riset Endpoint Technologies Associates percaya, Chromebook memiliki riwayat penjualan yang buruk sejak diluncurkan ke pasar.

Google enggan berkomentar tentang rumor yang menyatakan bahwa turunnya harga Chromebook di seluruh dunia diakibatkan oleh penjualan yang buruk. Venkat Rapaka, manajer produk senior Google menyatakan perusahaan hanya sedang berupaya agar harga Chromebook lebih terjangkau. "Ini didorong oleh umpan balik positif yang kami terima dari konsumen dimana tingkat adopsi produk dilakukan oleh kalangan sekolah dan dunia bisnis," jelasnya.

Penurunan harga mungkin saja bisa memancing peningkatan penjualan, namun kita tak pernah tahu rencana apa yang disiapkan Google untuk proyek idealisnya ini.

Hmm.. Harganya sudah turun tertarikkah Anda membeli Chromebook ini?

No comments: