Tuesday, November 15, 2011

Google X : Laboratorium Google

Dikutip dari New York Times, Selasa, 15 November 2011, laboratorium yang disebut Google X ini memang sangat rahasia, bahkan sebagian besar karyawan Google tak mengetahui keberadaannya.
Dalam penelusuran khusus New York Times, sumber yang mengetahui keberadaan laboratorium ini mengatakan Google X beroperasi secara misterius, sama seperti CIA, badan intelijen Amerika Serikat.

Google X disebut memiliki dua kantor, satu untuk urusan logistik yang berada di kantor pusat Google di Mountain View, California, dan satu lagi untuk keperluan robot, berada di lokasi rahasia.

Pemimpin fasilitas rahasia ini adalah Sebastian Thurn, seorang pakar robotik artificial intelligence (AI) top dunia yang ada saat ini dan menjadi tenaga pengajar di Universitas Stanford. 

Dialah yang menciptakan mobil tanpa sopir pertama di dunia. Dalam lab ini terdapat juga profesor lain dari Stanford, yaitu Andrew Ng, yang menerapkan neuroscience pada AI agar robot dan mesin dapat beroperasi layaknya manusia.

keberadaan Google X sebenarnya sudah mulai terendus pada tahun 2005. Saat itu, seorang engineer Google mempublikasikan proyek sistem operasi Mac OS X yang disebut Google X.
Sehari setelahnya, posting-an itu dihapus tanpa ada penjelasan lebih jauh. Dugaan ini makin menguat setelah Google memamerkan sebuah mobil yang dapat beroperasi tanpa sopir pada tahun lalu.
Wow, selain menjadi serach engine terbesar ternyata Google doam-diam punya laboratorium. Laboratoriumnya sendiri mempunyai ide-ide yang unik untuk produk masa depan. Lihat saja mereka bisa membuat mobil tanpa sopir.
Berikutnya Google akan membuat kejutan apa lagi ya?

No comments: