Sunday, November 13, 2011

Modo dan Modi : Maskot Seagames 2011

Banyak warga Jakarta, ternyata, belum akrab dengan nama maskot resmi SEA Games XXVI 2011: Modo dan Modi. "Itu nama kue ya?" ujar Aisyah Maya Tara (22) di Jakarta, kemarin.

Mahasiswi asal Yogyakarta itu mengaku tak familiar dengan nama maskot yang diambil dari reptil purba Komodo (Varanus Komodoensis) itu. Tapi ketika ditunjukkan kepadanya gambar maskot itu, ia pun spontan mengetahuinya.

"Ini maskot SEA Games kan. Saya sering lihat di televisi, tapi baru tahu kalau namanya Modo-Modi," katanya.

Aisyah tak sendiri. Abdul, pedagang di kawasan Pecenongan, juga mengaku baru mendengar nama Modo-Modi.

"Nggak tahu, Mas," katanya polos. Namun ketika diperlihatkan gambar sang maskot, ia pun tersenyum. "Ini kan komodo yang buat SEA Games itu kan."

Shodiq, 26, warga lainnya, juga mengaku, baru pertama kali mendengar nama Modo-Modi. "Lihat gambarnya saya baru tahu kalau itu maskot SEA Games. Tapi itu gambar komodo atau cicak ya?," ujar pegawai swasta itu sambil melepas tawa.

Maskot Sea Games diluncurkan oleh Pemerintah pada 25 April 2011 lalu di Taman Mini Indonesia Indah. Modo-Modi menjadi maskot resmi SEA Games XXVI yang diselenggarakan di Jakarta dan Palembang pada 11-25 November 2011.
Source : metroTV
 Well, gue juga baru tahu kalau maskotnya itu Komodo karena gue liat itu gambar cicak gede :hammer:

Maskot SEA Games XXVI 2011, Modo dan Modi juga resmi diluncurkan, di Bundaran Hotel Indonesia, Senin (25 April 2011). Namun apa yang menjadi filosofi pemilihan hewan Komodo sebagai Maskot olahraga se-Asia Tenggara ini?

Menurut panitia peluncuran Maskot SEA Games, bahwa Komodo hidup dan berkembang di wilayah kepulauan timur Indonesia selama jutaan tahun. Namun demikian keberadaan komodo baru diketahui umat manusia kira 100 tahun yang lalu. Komodo adalah kadal terbesar yang hidup di bumi. Komodo memiliki ciri khas kepala rata dengan hidung bundar, kulit kasar, kaki tertekuk, dan buntut panjang dan berotot.

Populasi komodo stabil di bilangan 3000 hingga 5000 di wilayah Pulau komodo, Gila motang, Rinca dan Flores. Namun kesulitan komodo betina dalam mengeram telurnya, penyelundupan, gangguan manusia dan bencana alam mengakibatkan satwa ini mengalami kepunahan.

Atas dasar komodo adalah satwa langka dunia dan juga merupakan kebanggaan Indonesia, Modo dan Modi, figur maskot resmi sea games 2011 ini di kembangkan. Modo dan Modi sebagai mascot resmi sea games 2011 mempunyai kepribadian pekerja keras, jujur, adil, ramah, bersahabat, dan sportif. Sifat Modo dan Modi yang serba positif dan mencerminkan kepribadian bangsa Indonesia ini diharapkan dapat melestarikan keharmonisan kerjasama dan persahabatan sesama Negara peserta sea games.

Sementara itu menurut Menegpora, Pemerintah Indonesia memilih komodo Modo-Modi sebagai maskot ajang olahraga SEA Games XXVI. Ajang pertandingan olahraga antar negara-negara ASEAN itu akan digelar di Palembang dan Jakarta. Karena komodo hanya satu-satunya di dunia ada di Indonesia dan kita harus bangga.
source : kompasiana
Yup, berbanggalah kita karena ada komodo dan semoga Sea Games 2011 juga memiliki kepribadian pekerja keras, jujur, adil, ramah, bersahabat dan sportif :)

No comments: