Wednesday, December 7, 2011

Update Skyrim Ternyata Mempunyai Masalah


Dunia Skyrim diserang oleh bencana dimana gerakan warga dan seluruh dunianya menjadi patah-patah di PlayStation 3 ketika savegame melebihi 5.5MB. Untuk mengatasi masalah ini, Bethesda sebagai pencipta Skyrim menurunkan patch 1.2 yang membawa dunia Skyrim ke versi 2.01 dengan harapan dunianya kembali menjadi damai dari patah-patah.

Ternyata patch menimbulkan bug baru yang lumayan fatal dan keren dimana Naga menjadi terbang mundur, sihir dan status ketahanan (tahan racun, api, dsb) menjadi tidak dapat diaktifkan, dan lucunya permasalahan patah-patah yang harusnya disembuhkan masih saja tetap terjadi.


Digital Foundry (DF) melakukan sedikit penelitian dan mencurigai adanya sistem pembersihan sampah Skyrim yang tidak berjalan dengan baik yang kemudian diperparah dengan keterbatasan Memory yang terjadi di PS3. Bila database save disimpan di GPU RAM maka CPU hanya memiliki bandwidth sebesar 15MB/s, lebih lambat dari flashdisk.

Untuk memastikan bahwa sistem pembersihan sampah memang bermasalah, DF mencoba LOAD savegame yang besar dan masuk kedalam dunia Skyrim yang patah-patah sampai 0fps. Kemudian dilakukan LOAD savegame yang fresh baru main, dan ternyata dunia Skyrim tetap patah-patah sehingga terkonfirmasi bahwa sistem pembersihan sampahnya memang bermasalah.


Sedangkan untuk versi X360, delama ini gamer dapat hidup dalam dunia Skyrim di Xbox 360 dengan nyaman meski diserang oleh tekstur resolusi tinggi yang tidak mau load bila game di Install ke HDD. Menanggapi masalah ini Bethesda menerbitkan patch yang harusnya membuat tekstur dapat di load dengan benar. Tetapi ternyata melalui patch terbaru Skyrim di Xbox 360 tetap mengalami masalah tekstur dan ditambah masalah baru dimana efek resistensi seperti tahan api, tahan beku, dsb tidak dapat aktif.

Untuk yang sudah terlanjur update dapat menghapus update melalui menu "Clear Cache" di Xbox 360.

(Gamexeon)
  source : gamestation

No comments: